Jumat, 14 Desember 2012

PLANET BUNUH DIRI



Kelihatannya aksi bunuh diri ga cuma dimonopli manusia tapi ada juga planet. Yup, planet yang ada di ruang tata surya ternyata juga bisa ngelakuin aksi bunuh diri. Fenomena aneh ini dilakukan oleh sejumlah astronom yang lagi ngelakuin observasi. Munculnya gelombang dahsyat di dekat bintang, diduga sebagai aksi bunuh diri sebuah planet.
Setelah diamati secara lebih mendalam, planet yang melakukan aksi ini adalah Planet WASP-18b. planet yang udah hidup berjuta tahun dan ditemukan oleh professor astrofisika di Keele University, Inggris, Coel Hellier. Katanya nih, gelombang hebat yang diciptakan oleh WASP-18b merupakan bagian dari aksi penghancuran ‘dirinya’.
Planet tersebut mengelilingi bintang dalam konstelasi Phoenix dan berjarak 325 tahun cahaya dari bumi (1 tahun cahaya sekitar 9,3 triliun kilometer). Sementara jarak jangkauan planet dengan bintangnya adalah 1/50 jarak bumi dengan matahari. Dan ukuran planet WASP-18b sekitar 10 kali ukuran planet Yupiter. Analogi dari gelombang planet dan bintangnya sebagai relasi bulan dan bumi yang gelombangnya bisa sampe 2 kali lipat.
Konon kabarnya para astronom udah nemuin sekitar 370 planet diluar system matahari, tapi aksi seperti yang dilakuin oleh Planet WASP-18b ga pernah ada sebelumnya. Jadi baru kali ini ditemukan fenomena aneh ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar